Tips Memilih Kamera Digital II


Saya pernah dapat brosur salah satu merek kamera digital, dijual dengan harga Rp. 980.000,-. Yang menarik perhatian saya disini adalah fitur yang ditawarkan yaitu:

  • 10 MP
  • 30x zoom
  • memory 8 mb
  • LCD 1,8 inch

Heran & Tidak Percaya, itulah reaksi pertama kali saya setelah membaca brosur tersebut. Yang membuat saya heran adalah harga dan fitur yang ditawarkan tidak masuk akal. Akhirnya saya memutuskan pergi ke toko yang menjual kamdig tersebut untuk sekedar tahu & mencobanya. Kesan pertama melihat kamdig tersebut sangatlah meyakinkan, bodi yang bagus & warnanya yang menarik membuat orang ingin membelinya (maaf saya tidak punya gambarnya). Tapi setelah mengecek fitur-fitur yang didalamnya dan mencobanya beberapa kali, saya hanya bisa tertawa dalam hati. Pantesan harganya kok murah, lha wong fitur yang ditawarkan kualitasnya payah banget. Jadi saya tidak tertarik untuk membelinya (selain itu juga lagi gak punya uang hehehehe)

kemudian, Apa yang bisa kita pelajari dari pengalaman tersebut?

  1. Jangan tergiur dengan harga yang murah & fitur yang wah. Itu cuma Interest point aja biar orang penasaran dan ingin beli.
  2. Kalo penasaran dengan kamdig tersebut, coba cek dulu fitur2nya…
  3. Jangan tergoda dengan besarnya MegaPixel & Zoom yang ditawarkan. Ingat ini adalah kamera dengan harga yang murah, tidak mungkin kualitas Megapixel yang tinggi. Kalo memang MPnya tinggi, biasanya kualitas fitur yang lain diturunkan, misalnya shutterspeednya lama banget ato kalo pake blitz gambarnya jadi gelap.
  4. Wait & See. Jangan tergesa-gesa membeli, kalo duitnya kurang, nabung lagi. Jadi bisa beli kamera sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat tips dari saya, ^_^

Leave a Reply

